Manajemen Sumberdaya Lahan

Standard

ini nih departemen yang paling tua di ipb hehe , departemen ilmu tanah dan sumberdaya lahan yang sekarang namanya jadi manajemen sumberdaya lahan . ini sedikit info mengenai departemen manajemen sumberdaya lahan dari mulai sejarah sampe apa yang bakal dipelajarin di departemen ini.

SEJARAH DEPARTEMEN ILMU TANAH DAN SUMBERDAYA LAHAN

1963 

Departemen Ilmu Tanah didirikan pada tahun 1963, pada saat yang sama Institut Pertanian Bogor (Institut Pertanian Bogor, IPB) didirikan dan dikelola di bawah Fakultas Pertanian. Memiliki satu program studi Ilmu Tanah. Dalam pencarian untuk pusat keunggulan dalam pendidikan dan penelitian, departemen memiliki visi dan misi sebagai panduan dasar dalam mengembangkan jumlah transformasional pendidikan.

enter

1975
Departemen Ilmu Tanah menawarkan Program Pascasarjana yaitu Magister dan Program Doktor di bidang Ilmu Tanah.

1980
Sejak tahun 1980, Departemen Ilmu Tanah memiliki enam Bagian, yaitu Pengembangan Sumber Daya Fisik Lahan, Kimia Tanah dan Kesuburan, Konservasi Tanah dan Air, Bioteknologi Tanah, Penginderaan Jauh dan Informasi Spasial, dan Pengembangan Wilayah dan Perencanaan.

2000
Sejak tahun 2000, Institut Pertanian Bogor telah dinyatakan sebagai Perguruan Tinggi Badan Hukum Milik Negara (PT BHMN), nama Departemen Ilmu Tanah mengalami perubahan menjadi Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan pada tahun 2005

Saat ini, departemen menawarkan Program Sarjana di bidang Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan dan Program Pascasarjana Ilmu Tanah (Master / Doktor), Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (Master / Doktor), Perancangan dan Pengembangan Wilayah (Master), Bioteknologi Tanah (Master), Agrotechnology  Tanah (Master), dan Mitigasi Bencana dan Degradasi Lahan (Master).

Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan berkomitmen untuk pendidikan berkualitas tinggi dibantu oleh manajemen yang profesional, berkualitas tinggi dosen, kurikulum dan fasilitas, serta beasiswa bagi siswa yang memerlukan bantuan keuangan.

VISI DAN MISI

DEPARTEMEN ILMU TANAH DAN SUMBERDAYA LAHAN

VISI

Pusat keutamaan dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam bidang sumberdaya alam, ilmu dan tekhnologi tanah dan manajemen sumberdaya lahan menuju pertanian berkelanjutan dan pembangunan nasional yang berkelanjutan.

 

MISI

Mengembangkan sumberdaya manusia dan ilmu pengetahuan serta teknologi pemanfaatan  tanah dan lahan secara arif untuk berbagai penggunaan demi kesejahteraan masyarakat.

TUJUAN

  1. Menghasilkan ahli manajemen lahan yang paham akan pengertian-pengertian dasar ilmu tanah dan lahan, mampu mengidentifikasi, menganalisis, menjelaskan, memprediksi dan merumuskan cara-carapenyelesaian masalah yang berhubungan dengan pemanfaatan tanah dan lahan
  2. Menemukan, mengembangkan, menerapkan dna menyebarluaskan ilmu pengetahuan tanah dan teknologi tanah serta sistem manajemen sumberdaya lahan yang mendasari sumberdaya tumbuhan, hewan dan jasad renik yang berkelanjutan demi kesejahteraan masyarakat.

MANDAT

Mandat DITSL adalah “Pengembangan ilmu dan teknologi tanah dan lahan dilihat dari segi biofisik dan ruang yang meliputi pencirian, penggolongan, inventarisasi dan proses-proses yang terjadi serta perencanaan, pemanfaatan dan pengelolaan tanah dan lahan yang berkelanjutan”.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s